” The Dadakan Travelling “

Posted: April 18, 2013 in KNOWLEDGE

Image

Disadari atau tidak, rasa penat terhadap suatu rutinitas kerap hadir bersama problem-problem lain di luar rutinitas tersebut. Dimana dalam momen ini, kita perlu mengerahkan segenap mental untuk dapat bertahan terhadap “manis” dan “indahnya” persoalan kehidupan, tergantung bagaimana dan darimana kita melihatnya, dan pelajaran penting apa yg bisa dijadikan pemompa pertumbuhan  kedewasaan dan semakin bijak dalam menyikapi masalah.

Satu hal yang dapat, atau bahkan perlu dijadikan alternatif untuk sejenak melepas rasa penat tersebut adalah travelling. Bisa dengan keluarga, rekan kerja, atau bersama sahabat tercinta. Dan dari pengalaman yg aku jalani, memang satu alternatif ini dapat menemukan kebahagiaan sederhana terhadap kebahagiaan semu yang selama ini kita kejar-kejar.

Dalam postingan ini, aku ingin bercerita tentang pengalaman “The Dadakan Travelling”. hehe. Maksudnya travelling dadakan🙂. Bagaimana tidak ? sekitar pukul 00.00 kami, (aku dan keempat kawan ku) baru memutuskan hendak kemana. Waktu itu memang ada long weekend. Tepatnya saat libur Paskah 29 Maret 2013 kemarin.

Singkat cerita, ada beberapa alternatif tujuan dadakan kami tersebut. Goa Buniayu-Sukabumi , Pulau Sangiang-Banten, dan Kota Kembang Bandung. Setelah melalui konsensus ( hadeeeh, dah kayak pejabat aja bahasanya), diputuskan The Dadakan Traveling kita bermuara pada kota dingin yang menyita jutaan pasang mata untuk datang berkunjung pada parisnya jawa (paris van java). Nyok, ikutin trip kami ke Bandung🙂

Pukul 01.30 WIB kami mulai perjalanan dengan Bus jurusan Merak-Bandung dari kota Cilegon , tempat kami menghabiskan segenap rutinitas keseharian dengan setumpuk tugas dan tanggung jawab yang kadang kala memicu kami untuk berkeluh kesah.

Tujuan pertama kami adalah Kawah Putih, sebuah objek wisata yang terletak di daerah selatan Bandung, tepatnya di kawasan Ciwidey. Seperti apa legendanya ? Cekidot ! Eh, sebelumnya narsis dulu, sekaligus, perkenalkan inilah kami, lima kawanan jomblowan PT Krakatau Engineering. hehe.

ImageImage

Daripada panjang lebar aku bercerita seperti apa legendanya, baca sendiri saja ya. Di sini nih, Di bawah ini .

Image

Image

Image

Image

Bagaimana ? agan-agan sudah tahu kan Kawah Putih seperti apa ? Belum puas ? Ok, aku share lagi foto2 di pusat Kawahnya seperti apa. Special for you🙂

Ciyus nih, mau ikutan turun ? Oke. Bolehlah. Nih tata tertibnya. Nah lho, masih mau ikut ?

Image

Image

 

Image

 

Image

Image

Image

Image

Trip kedua kami ke sebuah danau atau situ, yang kalau tidak salah tulis bernama Situ Patenggang. Kami tak bisa bercerita apa-apa tentang danau tersebut selain bermain flying fox dan keindahan demi keindahan yang disuguhkan Tuhan dalam perjalanan menuju tempat dimana di tengahnya ada pulau bernama Pulau Cinta. Seperti apa pulau cinta tersebut dan bagaimana legendanya, silahkan klik ini.

Image

Image

Image

Image

 

Hari mulai sore, dan sementara senja telah digeser oleh gelapnya malam. Oh ya, kami lupa bercerita bahwa dalam perjalanan, ada dua mahasiswi yang satu carteran transportasi menuju Kawah Putih dan Situ Patenggang. Kami sempat bertanya pada dua gadis yang berasal dari Aceh dan Jogja itu mengenai penginapan di Bandung. Dari mereka berdua yang awalnya kami siap “nggembel”, kami memutuskan menginap di Masjid Darut Tauhid yang lokasinya tak jauh dari mereka tinggal.

Nah, di tempat itulah, di Masjidnya Aa Gym, kami berwisata hati atau wisata religi, sebagai penyeimbang.

Sebuah tempat tak terlupakan. Sebuah tempat dimana aku kali kedua berkunjung padanya. Sebuah tempat dimana 2/3 malam ku tak seperti malammalam sebelumnya. Sebuah tempat dimana setiap tetes demi tetes bercucuran sebelum salam terucap. Sebuah tempat dimana setiap dosa bak film yang diputarkan tepat di depan wajah. Sebuah tempat dimana ………. entah apalagi yang bisa kuceritakan. aku hanya ingin bercinta dengan-Nya.

Allahku, aku ingin mengulangi saat itu. Bukan saat tangisan pecah pada rokaat kedua sholat malam ku. Bukan saat mengingat tak terhitungnya dosaku. Namun ingin menyapa dengan setulusnya sapaan.

Image

Malam mulai bergeser, dan fajar mulai menyingsing. Para penginap gratispun mulai satu per satu bangkit dari mimpi. Satu per satu mulai berantrian di tempat wudhu. Menantikan Shubuh yang begitu teduh dan hening yang menjadikan pikiran bening.

Trip kami ketiga memilih kawasan Bandung utara sebagai tujuan, tepatnya di daerah Lembang. Tujuan pertama kami di tempat ini adalah The Ranch. Suatu tempat yang kami kira awalnya begitu menantang untuk sebuah adventuring bagi para Backpacker seperti kami. Dan ternyata, sebuah wisata keluarga dengan konsep koboi. Akhirnya kami memutuskan untuk sekedar mencicipi seteguk espresso serta mendokumentasikan tempat tersebut. yah, beginilah The Dadakan Travelling, harus disyukuri.. Syukuuuuuuuuuur😀

Image

Image

 

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Dan wisata terakhir kami adalah ………..

Image

Sayangnya begitu tiba di tujuan, kami langsung disambut gerimis yang akhirnya menjelma hujan deras hingga sore. Kami pun hanya berendam air panas tanpa menikmati wahana yang sebenarnya kami ingin mencoba offroad. Sekian perjalanan kami. Semoga bermanfaat dan terus cintailah Indonesia.

Bagiku, nilai terpenting sebuah perjalanan tersebut tak hanya sekedar pelepas penat dikala rutinitas membelenggu dalam keseharian yang seolah berulang dan membosankan, namun hikmah apa yang bisa kita ambil dari setiap kejadian, setiap perjalanan, manfaat apa yang kita peroleh dari perjalanan tersebut, atau sekedar ingin buang-buang duit ? Bukankah pengalaman adalah guru yang paling baik ? jadi, kembali pada diri kita masingmasing seperti apa dan bagaimana mengambil nilai dari sebuah perjalanan tersebut.

Whatever, I Love Indonesia ! Surga dunia yang sebagian orang menjadikannya neraka. Jadi, kapan mau berkunjung ke Bandung ? Sebuah kota yang ditakdirkan sebagai latar dalam sebuah film MADRE. Ini ceritaku, mana ceritamu ?

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s