PENTINGNYA MEMAHAMI PERBEDAAN

Posted: August 29, 2012 in KNOWLEDGE

Bismillahirrahmaanirrahiim.

*tiba-tiba saja tulisan yang sudah lama saya  post-kan melalui FB ini, ingin kembali saya post kan disini*
Seseorang kawan pernah ngobrol kepada saya. Dia mengeluh dengan persoalan hidup yang dihadapinya. Sedikit banyak seperti yang pernah saya alami dulu. Kita pun diskusi ngalor-ngidul dengan bersi kukuh sesuai prinsip yang kita anut.

Saya mengerti bahwa setiap orang punya proporsi psikis yang berbeda dalam menjalani kehidupan, namun semua itu tak menyulut obrolan kita yang semakin seru. Nampaknya apa yang terkadang kita anggap benar bisa berakibat fatal, begitu pula sebaliknya. Mungkin inilah asal muasal mengapa kita diminta untuk melihat suatu persoalan dari sudut pandang yang berbeda dalam menentukan keputusan yang benar.

Keputusan yang benar tentu keputusan yang baik, dan keputusan yang baik belum tentu benar..

Dari obrolan2  kecil tersebut sempat terlontarkan kenapa seseorang harus “menghujat” yang lain ketika mereka tidak melakukan apa yang sesuai tradisi, prinsip atau apalah bahasanya menurut mereka. Padahal mereka yang “dihujat” tak pernah mempersoalkan juga kenapa mereka yang menghujat tidak sama seperti mereka.

Jika kita sejenak  merenungi puisi K.H.A. Mustofa Bisri, dalam satu baitnya tersirat ,,

” SYIRIK ADALAH DOSA BESAR, SYIRIK YANG PALING AKBAR ADALAH MEMPERSEKUTUKAN TUHANNYA,

DENGAN MEMPERTUHANKAN DIRINYA  SENDIRI DENGAN MEMUTLAKAN KEBENARANNYA”

Membaca bait tersebut saya sejenak termenung,, apakah sikap fanatik kita yang berlebihan telah melampui batas, sehingga menganggap kebenaran sejati hanya milik kita..? dan menjadikan perbedaan sebgai prinsip yang tak kenal kompromi. Dan dengan bergulirnya waktu, seolah maysarakat kita benar-benar dihadapkan pada persoalan-persoalan prinsipil, seolah-olah persatuan kita sangat rentan dengan perbedaan yang berakibat seperti salah satu judul film ” SENGGOL BACOK”. 

Pentingnya sebuah keutuhan dan persatuan merupakan modal yang paling romatis kiranya memahami perbedaan. Dan pemuda harus menjadi roh yang terus mengobarkan semangat itu. Seperti yang disampaikan Prof. Harsja W. Bachtiar dalam pengantar buku CATATAN SEORANG DEMONSTRAN bahwa pemuda  merupakan tonggak sejarah ketika orang-orang tua sedikit menyepelekan arti kesatuan hingga terciptalah sumpah pemuda yang benar-benar “dahulu” mampu memberikan iklim sejuk persatuan dalam nafas SATU BAGNSA, SATU BAHASA dan SATU TANAH AIR INDONESIA, dan ini merupakan bahwa NKRI sudah final sebagai Negara Pancasila, dengan segala warna-warninya. titik..

Namun, pemuda yang kiranya telah dinanti, kini malah terjebak dalam permainan-permainan prinsipil tersebut yang terkadang mengkotak-kotakan dirinya dalam suatu golongan exlusive yang menutup diri.

Kembalilah pemuda-pemuda indonesia pada “khittah”nya sebagai agen perubahan yang dipundakmu telah dititipkan negeri ini dengan terus mengobarkan semangat persatuan dengan memahami perbedaan yang ada.

Bertanah air satu, tanah air tanpa perbedaan

Berbahasa satu, bahasa yang santun dan toleran

Berbangsa satu, bangsa yang berkadilan.

Salam persatuan.!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s