PEKALONGAN KU, PEKALONGAN MU, PEKALONGAN KITA

Posted: August 26, 2012 in KNOWLEDGE

Bismillahirrahmanirrahim.

Penulis awali dengan “Welcome to the World City of Batik”

Hari ini, Minggu 26 Agustus 2012 bertepatan dengan hari ke-8 Lebaran Idul Fitri.  Pagi hari, langit Pekalongan penuh warna dan diiringi dentuman cucu meriam. Ya. Menyambut Syawalan, sebagian masyarakat Kota Batik melangitkan balon-balon di udara. Dan langitpun tak dominan biru atau kelabu saat mendung menunjukkan wajahnya. Nampak begitu ramai dengan warna-warni balon. Seolah nyanyian balon ku begitu nyaring pagi itu🙂

Yang penulis tahu, di Kota tersebut ada dua tempat yang menjadi destinasi utama agenda tahunan di bulan Syawal, yaitu Syawalan. Satu, ada Lupis raksasa di bagian utara Kota Pekalongan, tepatnya di Kelurahan Krapyak.  Dua, ada haul (memperingati wafatnya Ulama)  Al Maghfurlah K.H. Thohir bin KH Abdul Latif di bagian selatan Pekalongan, tepatnya di Kelurahan Jenggot.

Yok. Jalan-jalan di Pekalongan.

Jalan-jalan kita bukan hanya di dua tempat tadi, kebetulan saja hari ini ada agenda tersebut.

Gambar 1. Gerbang Kota Pekalongan

Kota yang terletak di Propinsi Jawa Tengah ini, mempunyai jumlah penduduk sekitar 272.000 jiwa (tahun 2003) yang tersebar di 47 kelurahan dalam 4 Kecamatan. Sekarang berapa ya ? ada yang bersedia menanyakan ke sensus penduduk ? hehe

Kita awali dulu jalan-jalannya dengan wisata Rohani. Biar berkah traveling-nya.🙂

1. Tempat Ibadah

Gambar 2. Masjid Al Fairus

Itu salah satu masjid yang menjadi daya tarik Kota Pekalongan. Kurang dari 1 km memasuki Pekalongan dari arah Semarang, tempat Ibadah kaum muslim itu siap menyambut kawan-kawan🙂 . Nama masjid itu ada di bawah sini . hehe

Gambar 3. Masjid Al Fairus

Selanjutnya perjalanan kita lanjutkan masuk ke Kota. Jangan lupa mampir ke rumah penulis dulu kawan, searah kok🙂 , Ini alamatnya. Nama jalannya R.A. Kartini, kelurahan Keputran Kecamatan Pekalongan Timur. Rumah no 42 samping Mushola Darussalam persis. Mampir Sholat disitu juga boleh. haha.

lho kok malah jalan2 ke rumah penulis🙂

hehe. siapa tau ada yang mau silaturrahim ..

Gambar 4. Gerbang Gang Rumah Penulis🙂

Sekitar  2 km dari rumah penulis kita berada di pusat kota. Disinilah kita disambut Masjid Agung yang bukan hanya menjadi daya tarik, namun juga kebanggaan warga Pekalongan, khususnya kamu muslim🙂. Letaknya berhadapan dengan Plaza Pekalongan yang ditengahi oleh Alun-alun kota.

Gambar 5. Masjid Agung Pekalongan

Perjalanan dilajutkan ke bagian utara, maka bertemulah dengan Gereja besar yang menjadi tempat ibadah kaum nasrani dan Masjid yang baru di renovasi.  Letaknya bisa dikatakan sangat berdeketan walau tak berhadapan. Nama Gereja dan Masjidnya apa ya ? hehe. hayo siapa yang tahu ?. Untuk itu, ayo kunjungi Pekalongan biar tahu🙂

Gambar 6.  Gereja

Gambar 7. Masjid nya Allah

Wisata rohani kita akhiri ke arah barat , dimana ada sebuah Klenteng yang tampak ngejereng seperti warnanya yang terlihat dominan merah.

Gambar 8.  Klenteng

Bagaimana kawan ? Pekalongan beragam kan ? Pekalongan memang indah dan istimewa. semoga dapat rukun selamanya ya🙂

Bagi yang suka belanja ataupun kerajinan. Sekarang ni saatnya. Siapkan dompet dulu kawan, kita keliling Pekalongan.

2. Tempat Belanja dan Kerajinan

Kita awali ke sentra batik terbesar di kota Pekalongan. Kenapa harus batik dulu ? ya iya lah, Pekalongan Kota Batik. Tidak beli batik, berarti belum ke Pekalongan. Seperti halnya kalo ke Jakarta belum ke Monas, atau ke Semarang belum ke Tugu Muda dan Lawang Sewu. hehe. Sepertinya bakalan ada income ni dari Pengusaha Batik. Semoga🙂. Eh, ada yang kelupaan, sekarang ada yang lebih besar, yaitu IBC kependekan dari International Batik Centre.Diresmikan langsung oleh Ibu Negara lho kawan. Yasudah, capcus ke TKP.🙂

Gambar 9. Pasar Batik

hehe, kok masih tutup ya ? kepagian ni kita🙂. Untuk yang IBC belum ada nih gambarnya. Maaf ya kawan😦. Barang kali udah ada yang mampir kesana , bisa di-post-kan disini🙂 Matur nuwun.

Kalau begitu, kita langsung ke Pusat kerajinannya saja bagaimana ? Setuju ? Nanti mampir juga ke beberapa Pusat Perbelanjaan modern (Mall) di Pekalongan. Oke ? Tos dulu dong .🙂

Gambar 10. Kampung batik Pesindon

Gambar 11. Kampung Tenun Medono

Gambar 12. Plaza Pekalongan

Gambar 13. Sri Ratu Mega Centre

Gambar 14. Mall Banjarsari

Bagaimana , sudah puas belanja nya ? Kalau sudah, saya antar ke hotel-hotel di Pekalongan. Siapa tahu nggak cukup satu hari berlibur di Kota Batik 🙂

3. Tempat Penginapan dan Fasilitas Publik

Sepertinya, setelah ditetapkannya Batik sebagai warisan dunia bangsa Indonesia oleh UNESCO, banyak investor tertarik berkunjung atau sekedar mampir ke Kota Pekalongan. Terlebih lagi, setelah di bangunnya sentra batik terbesar yang diberi nama IBC. Nampaknya, tempat-tempat penginapan baru menjamur di Kota ini. Dan berikut adalah beberapa Hotel yang berhasil di jepret.

Gambar 15. Green Mandarin Hotel

Gambar 16. Hotel Dafam Pekalongan

Gambar 17. Hotel Nirwana

Gambar 18. Hotel Horison

Dan masih banyak lagi kawan. Jadi nggak perlu khawatir kalau berkunjung ke Pekalongan. Semua hotel terletak strategis dan di kawasan-kawasan strategis. Ada juga hotel Syari`ah yang berada persis di depan Stasiun Pekalongan🙂

Sekarang ke tempat-tempat publik. Ada Alun-alun Kota, Pantai pasir kencana, RSUD Pekalongan, Kolam Renang, Musem Batik, dan Stadion kebanggaan Persip dan Kalong Mania. HIDUP PERSIP🙂,

Gambar 19. Alun-alun Pekalongan.

Gambar 20. Pantai Pasir Kencana

Gambar 21. RSUD Kota Pekalongan

Sekedar info kawan, Rumah sakit ini merupakan salah satu karya kantor konsultan di semarang (yang penulis pernah bergabung di dalamnya) dari beberapa karya nya di Kota Pekalongan, termasuk kantor Kospin jasa, BTN, Kantor Pajak.🙂

Gambar 22. Kolam Renang Tirtosari Pekalongan

Gambar 23. Stadion Kebanggan PERSIP dan KALONG MANIA🙂

Gambar 24. Museum Batik di Siang Hari

Gambar 25. Museum Batik di Malam Hari

Gambar 26. Penulis berpose di depan Museum

Gambar 27. B-A-T-I-K

Dan masih banyak lagi yang tidak bisa ditampilkan satu per satu. Termasuk gedung gelanggang olahraga dan remaja yang lebih populer di sebut GOR Jetayu. ada Wapres nya lho. Bukan Pak Boediono, tapi Warung Apresiasi Seni.🙂

Sekarang kita intip yuk Perguruan tinggi di Pekalongan.

4. Perguruan Tinggi Di Pekalongan

Diawali satu-satunya perguruan tinggi negeri yang ada di Pekalongan. yaitu STAIN Pekalongan. Adik penulis lagi studi disini lho, ambil program studi D3 Perbankan Syari`ah.🙂. Letaknya tak jauh dari SMA penulis, yaitu SMA N 2 Pekalongan. Terletak di bagian utara Kota Pekalongan, berada di kelurahan Panjang. Kemudian ada UNIKAL (Universitas Pekalongan), STMIK Widya Pratama, dan beberapa Akademi yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Gambar 28. STAIN Pekalongan

Gambar 29. UNIKAL

Gambar 30. STMIK Widya Pratama

Oke. sampai disin kawan. Bagaimana ? masih kurang ? makanya berkunjung. 🙂

Ada yang kurang nih, rasa-rasanya kok laper ya, hehe. Oh, belum ada wisata kulinernya kawan. Oke, lain kali kita bahas ya wisata kuliner di Pekalongan.

Sebagai penutup, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Pekalongan forum, terutama Beni Arisandi yang tak lain adalah sahabat penulis sendiri yang merupakan salah satu adminnya yang telah mengijinkan beberapa foto dari website yang beralamatkan disini , untuk di share pada artikel ini.

Terima kasih juga buat Rifqi Ahmad Rasyidi yang tak lain adalah keponakan penulis sendiri yang berkunjung dari Kota Bandung. Beberapa foto di atas adalah hasil jepretannya.

Akhirnya, tanpa mengurangi rasa hormat, mari ramaikan kota kita. Mari berbuat sesuatu untuk Kota Pekalongan. Seperti yang dilakukan segerombolan anak muda yang tak lain adalah para mahasiswa STMIK Widya Pratama yang telah membuat situs web yang sangat inspiratif. Sukses selalu buat kalian. Ini alamat web nya http://pekalongans.com/. Blog ini juga yang mengisi Blog Pribadi penulis pada blogroll (Belajar di Dunia Maya) yang diberi nama Mengenal Kota Batik.

Pekalongan memang indah, pekalongan memang istimewa dan Pekalongan adalah inspirasi batik dunia.

” Jiwa muda tak akan lelah untuk bebagi dan memberi manfaat untuk hidup dan berkehidupan”.

salam salam salam🙂

Comments
  1. kk blog nya bagus sekali …. saya jadi tau banyak tentang Pekalongan

  2. ucup_goblock says:

    jadi kangen sama kota kelahiran

    backlink ya opa andar
    derita-mahasiswa.blogspot.com

  3. krisdio says:

    wah keren nemen yakin artikel e:D di apdet teros ra:D

  4. Haul d Jenggot 8 Syawal itu haulnya KH Tohir bin KH Abdullatif, kakek KH Tohir bin KH Abdul Fatah, bukan haulnya KH Tohir bin KH Abndul Fatah.

  5. nina says:

    Kangen bngeet ambi Pekalongan…❤ kecamatan Bojong raa di syut

  6. wegom09 says:

    sudah 2 tahun gk pulang ke pekalongan kangen karo sego megonone, taoto,,
    taun baruan ae wes aku tak balio

  7. Wiwik Saja says:

    hallo mas.. suka baca blog yg mas tulis ttg Pekalongan… saya dengar di kampung batik ada home stay nya? apalagi jika yg punya homesaty pengrajin batik sendiri, lebih baik lagi…. tolong share infonya ya … nuhun.

  8. abdul halim says:

    mas boleh gak klu aku mampir ke tempat mas aku dari indramayu sering ke pekalongan soan sama habib lutfi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s