DESAIN PONDASI DANGKAL

Posted: August 16, 2012 in RELIGI

Bismillahirrahmanirrahiim.

Site title-nya CATATAN SEORANG ENGINER, kok artikelnya belum ada yang nyrempet-nyrempet dikit  tentang engineering gitu?

hehe. jadi malu.  sabar Sobat ! Engineer juga manusia, juga peduli dengan bangsa. hehe🙂

Baiklah, dalam postingan kali ini penulis akan sedikit “bercerita” tentang sedikit pemahaman penulis tentang Desain Pondasi. Masak Tugas Akhir nya Perencanaan Pondasi ndak tahu tentang desain pondasi . hehe. Jangan berpikir macam-macam dulu sobat , hanya sebatas ungkapan bahagia bisa lulus pendadaran tugas akhir dengan secuil pemahaman tentang desain pondasi.🙂. Ingat ya sob, penulis hanya bercerita, bukan memberi kuliah, jadi kalo ada yang keliru diingatkan🙂 makasih. tos !

Sebenarnya yang memicu tercetusnya gagasan di-post-kannya postingan tentang desain pondasi bukan karena Tugas Akhir penulis, melainkan pengalaman tempo hari (tepatnya awal puasa ramadhan ini) saat menggantikan Guru penulis yang saat itu mendampingi Mahasiswa bimbingan beliau dalam sidang skripsi, yang mahasiswa tersebut yang tak lain adalah sahabat penulis sendiri bernama Farid Bayu Aji alias kekasih hatinya Dewi Bayu Aji (kira-kira namanya begitu di Facebook) he he he🙂 maap-mapa kalo ade saleh selah kate🙂

Pertemuan itu dinamakan rapat koordinasi antara owner, konsultan perencana, konsultan pengawas, kontraktor dan dinas cipta karya🙂

Dan ini adalah Ujian Pendadaran Sesungguhnya😮 was was. ho ho ho.

Pokok dari agenda rapat tersebut adalah pemaparan konsep sistem struktur, terutama sistem struktur bawah alias struktur pondasi. Dimana yang menjadi persoalan adalah mereka (yang owner) itu mempertanyakan apakah benar demikian pondasi nya untuk gedung jumlah lantai di atas 5 tingkat ? dengan kondisi tanah yang katanya kontraktornya sudah mencapai tanah cadas dan sangat susah untuk digali, bahkan penggalain manualpun telah dilakukan dengan menggunakan linggis, padahal kedalamannya belum sesuai yang direncanakan. semangat bapak🙂 wah, tanahnya bagus berarti ya🙂

kok sudah ngantuk nih sob , woah.”_”

Dikit lagi ya, terusannya sambung besok. oke ? tos dulu🙂

Berbicara tentang desain pondasi tak afdhol bila tak berbicara terlebih dahulu sistem struktur secara keselurhan, mulai dari sistem struktur atas sampai sistem struktur bawah. Karena pada prinsipnya, (diinget ni sob)

PONDASI MERUPAKAN MEDIA PENYALUR BEBAN STRUKTUR ATAS KE TANAH”

Bagaimana penyalurannya ? Beban apa saja yang disalurkan ? Tanah seperti apa yang menjadi tempat penyaluran beban ? dan kawan-kawannya.🙂. sebaiknya kita pahami prinsip2nya.

Gambar 1. Permodelan Sistem Struktur

Pada Gambar.1 terlihat jelas seperti apa model sistem struktur, dimana struktur atas berfungi memikul beban-beban yang bekerja pada bangunan tersebu, misalnya beban hidup, beban mati , dan atau beban gempa. Sedangkan Sistem struktur bawah berfunsi meneruskan sistem struktur ke tanah . apa yang diteruskan ? “beban-beban yang bekerja pada sistem struktur atas”, tanah yang mana ? “Tanah keras”.

Nah, sekarang kita perhatikan Gambar.2

Lalu, prosedur analisis dan desainnya seperti apa ? Data apa saja yang perlu disiapkan ? Oh iya lupa, pondasi yang kita bahas kali ini pondasi dangkal dulu ya🙂

Beberapa hal penting dalam desain pondasi:

  • Data tanah
  • Pembebanan Struktur atas
  • Tegangan dan penurunan di bawah dasar pondasi
  • Kekuatan pondasi terhadap geser
  • Detail penulangan

Sampai disini dulu sob.  Sambung besok lagi ya🙂

Semoga bermanfaat !

salam salam salam🙂

Comments
  1. ridho wicaksono says:

    itu artikelnya pondasi dangkal ya? kalo perencanaan pondasinya memang tergntung data tanah kan bang? misal tanah itu keras sedangkan perencanaan bebannya cocok pondasi dalam dengn mempertimbangkan total beban atasnya, gmana tuh bang?

  2. sipp sobbb…….semangat,,terus berkarya,,karena ilmu takkan pernah menunggumu untuk menggapainya,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s