Bambang Dewasa, Lebih Dari Pengajar SAP2000

Posted: April 20, 2013 in INSPIRATION & MOTIVATION

Image

Siapa yang tak kenal dengan salah satu  program rekayasa struktur yang paling populer ini, SAP2000. Ya, suatu program analisis yang terintegrasi dengan desain struktur sekaligus. Hampir bisa dipastikan semua mahasiswa yang mengambil minat jurusan teknik sipil, sudah familiar dengan program tersebut, meski tak semuanya mau dan mampu mengoperasikannya dan bahkan sedikit yang mau dan mampu memahami program tersebut secara baik dan benar .

Kenapa tiba-tiba aku mengawali catatan ini dengan suatu program yang untuk memahaminya dibutuhkan suatu ilmu dasar yang harus dipelajari terlebih dahulu, yaitu : Mekanika Teknik. Suatu disiplin ilmu yang menjadi momok bagi sekian banyak civitas akademika jurusan teknik sipil. Karena bagiku, tokoh yang hendak aku ceritakan secara singkat di bawah ini bisa dikatakan “bersahabat” dengan program tersebut, atau bahkan telah menjadi identitas pada diri beliau, setidaknya di kampus kami, Jurususan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang. Beliau adalah Drs. Bambang Dewasa.

Image

Dosen sederhana yang bersahaja, yang mengabdikan dirinya pada dunia akademisi dan praktisi di bidang structural engineering, yang loyal terhadap profesinya hingga akhir hayatnya. Tak sedikit hasil rancangan beliau di kota Semarang yang dikagumi banyak orang. Yang aku kagum, aku belum pernah mendengar beliau mengatakan ” ini yang mendesain saya lho, itu yang mendesain saya lho “.

Sempat beredar kabar juga bahwa beliaulah konstruktor Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, yang sampai sekarang aku belum tahu benar seperti apa sejarahnya. Sebab dua perusahaan  (PT Ketira Engineering Consultants, Jakarta dan PT Pola Dwipa, Semarang) yang aku pernah bergabung di dalamnya sama-sama mengklaim bangunan indah itu sebagai hasil karyanya. Bahkan satu perusahaan memajang dalam websitenya. Beliau sendiri pernah bergabung pada PT Pola Dwipa yang menghasilkan karya-karya apik di Semarang. Terlepas dari kontroversi itu semua, aku tetap kagum pada beliau.

Aku pernah berkunjung ke kediaman beliau. Di ruang kerja beliau, aku melihat beberapa rak buku yang banyak terisi oleh buku-buku tentang struktur dan bahasa pemrograman. Sebuah ruang kerja sekaligus perpustakaan pribadi.

Meski hanya sesaat aku mengenal beliau , namun banyak ilmu yang aku serap dari beliau. Mulai dari penguasaan akan program rekayasa struktur SAP2000, hingga kebersahajaanya. Orang yang sederhana, yang peduli pada mahasiswa. Itulah sudut pandang yang aku lihat. Sebagai manusia, tentunya tak kan luput dari salah dan khilaf. Namun itu semua tak memudarkan kelebihan dan kecerdasan beliau yang terhias dalam kebersahajaanya itu.

Bagiku, beliau merupakan seorang yang telah merdeka terhadapa dirinya sendiri. Merdeka dalam berpikir dan bersikap. Satu contoh sederhana, kita semua tahu bahwasanya standar perencanaan desain beton bertulang di Indonesia mengacu pada standar Amerika (ACI, American Concrete Institute). Namun dalam desain beton bertulang menggunakan program rekayasa struktur SAP2000, dimana kita harus menentukan  design code (acuan standar desain), beliau “kekeh” dengan pendiriannya. Beliau mengacu ke standar NZS (New Zeleand) untuk desain penulangan lentur, dan EUROCODE untuk desain penulangan geser. Dan beliau menjelaskan pendiriannya tersebut dalam sebuah video tutorial yang menurutku memang menjadi ciri khas pengajaran beliau kepada anak didiknya. Salah satu video tutorial yang berisi materi tentang desain struktur seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Image

Inilah sekelumit pandanganku tentang beliau. Dan bagi yang ingin mengenal dekat karya-karya beliau silahkan kunjungi halaman website ini Bambang Dewasa`s files.

Beliau adalah salah satu dari dua orang guru yang paling mendominasi pemahamanku di bidang desain struktur, khusunya aplikasi rekayasa dengan program SAP2000, yang lain adalah Bapak Hanggoro Tri Cahyo A. Bagaimana mungkin aku akan lupa beliau berdua. Bagiku mereka berdua tak sekedar mampir dalam perjalananku hingga sekarang ini, namun seolah menetap di jiwa yang seakan membisikkan bahwa hidup adalah tentang kepedulian, serta menggelorakan semangat untuk terus belajar, belajar dan belajar. Aku tahu sekali bahwa beliau berdua sangat peduli terhadap mahasiswanya.

Tentunya masih banyak lagi kenangan akan beliau. Namun kiranya tak cukup untuk diceritakan dalam blog ini. Semoga bermanfaat dan menjadi amal yang sholeh bagi Bapak Bambang Dewasa. Selamat jalan, Pak. Semoga kami mampu mengikuti jejak langkahmu yang sederhana dan bersahaja yang tak silau dengan gemerlapnya pangkat, jabatan dan dunia.

Oh ya, untuk memperkaya file-file dalam ” Bambang Dewasa`s Files ” , bagi yang pernah dididik oleh beliau, diharapkan untuk mau berbagi file-file beliau. Bisa dikirim ke alamat : file.bambangdewasa@gmail.com.

Comments
  1. [...] Baca artikel lengkap M. Iskandar Farid – Bambang Dewasa lebih dari pengajar sap2000. [...]

  2. Mekani Dewasari says:

    Terima kasih, Bung Farid. Tulisan Anda benar2 mengobati kerinduan saya kepada Ayahanda tercinta. Selamat jalan Ayahanda, doa Ririn selalu menyertaimu.

Leave a Reply

